Jumat, 19 Februari 2010

Penemuan Terowongan Zaman Perang Salib

Selama berabad-abad berkembang isu seputar adanya terowongan yang digunakan serdadu perang salib di Malta. Tetapi sejauh ini belum pernah ditemukan buktinya.

Belum lama ini, para peneliti berhasil menemukan terowongan tersebut persis di bawah bangunan istana kuno di Kepulauan Malta. Terowongan berbentuk labirin ini diduga menjadi barak militer dan pertemuan-pertemuan rahasia yang dilakukan prajurit perang salib. Demikian rilis berita National Geographic News, 25 Maret 2009.


Beberapa informasi yang dikumpulkan menunjukkan terowongan dibangun sekitar abad ke 16 atau awal abad ke 17 M. Ketika itu prajurit perang salib meneruskan perang dari pendahulunya yang membangun benteng di Valetta, ibukota Malta. Benteng itu dibuat untuk menahan serangan Mujahidin Muslim. Pada masa itu Pulau Malta diperintah The Knights of Malta pada 1530-1798. Lokasi persis terowongan itu berada di bawah Istana Square di seberang Istana Grandmaster, Valetta.


Terowongan itu ditemukan secara tidak sengaja saat dilakukan survey arkeologi kota terhadap istana kuno di Valetta.

“Sebelumnya beredar kabar ada ruang bawah tanah di istana itu. Tetapi kami tidak menduga bahwa ruangan itu ternyata berbentuk labirin. Ini menunjukkan ruang itu merupakan basis militer,” ujar ketua tim peneliti Claude Borg dari Proyek Rehabilitasi Valetta.

Hasil penelitian menunjukkan di dalam terowongan terdapat sistem penyaluran air, bekas-bekas pipa, tembikar. Bekas saluran air tersebut menghubungkan pula ke istana utama.

Para peneliti awalnya menduga ada kolam di bawah tanah. Dekat kolam tersebut ditemukan ruangan setinggi 12 meter dan beberapa pintu masuk ke terowongan. Setelah diteliti, ruangan ini ternyata barak militer.

Istana utama sendiri kini digunakan sebagai istana kepresidenan dan rapat dewan legislatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar