Kamis, 25 Maret 2010

Super Benua Pangaea atau Pangea

Mungkin anda pernah mendengar kata ‘pangea’. Tahukah anda apa itu pangea?
Pangaea atau Pangea (pan berarti keseluruhan, seluruh dan gaia Bumi dalam bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.

50 juta tahun kemudian atau sekitar 200 juta tahun yang lalu, Pangea pecah menjadi dua superkontinen, Laurasia di sebelah utara dan Gondwana di sebelah selatan.

65 juta tahun kemudian atau sekitar 135 juta tahun yang lalu, Laurasia bergerak dan pecah menjadi tiga yaitu Benua Amerika Utara, Benua Eropa, dan Benua Asia. Sedangkan Gondwana pecah menjadi Benua Afrika, Benua Antartika, Benua Australia, dan Benua Amerika Selatan.

Dan sekitar 65 juta tahun yang lalu (Saat terjadi kepunahan Dinosaurus), susunan dan posisi benua secara perlahan berangsur-angsur mirip seperti yang ada saat ini. Ditambah berpisahnya Anak Benua India dari antartika dan Benua Australia bergerak relatif ke arah ekuator. A nak Benua India tersebut kemudian menabrak Benua Asia dan karena dua-duanya tidak ada yang mau mengalah, maka dua-duanya saling berlomba menjulang ke atas membentuk Pegunungan Himalaya, pegunungan tertinggi di Dunia.

Beginilah animasi pemisahan Pangea.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar